Mengenal Bahasa Pemograman Java

Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling terkenal di Dunia, yang dibuat oleh James Gosling dan dirilis pada tahun 1995. Java bersifat umum/non-spesifik (general purpos), dan secara khusus didesain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin, sehingga memungkinkan si pengembang untuk “Write Once, Run Anywhere” (WORA) yang berarti bahwa kompilasi Java dapat berjalan di semua platform yang telah mendukung Java.

Aplikasi Java pada umunynya dikompilasi ke dalam bytecode dan dapat dijalankan di berbagai Java Virtual Machine (JVM). Pada dasarnya Java banyak mengadopsi sintaks dari bahasa C dan C++ namun dengan sinstak model objek yang lebih sederhana.

Pada tahun 2007, sesuai dengan spesifikasi Java Community Process, Sun mengganti sebagian besar lisensi Java dibawah GNU (General Public License). Pengembangan Java berlanjut dengan membuat implementasi alternatif, seperti GNU Compiler for Java (bytcode compiler), GNU Classpath (Perpustakaan standar), dan IcedTea-Web (Plugin browser)

Kelebihan Java

  • Multiplatform. Kelebihan utama dari Java adalah dapat dijalankan di berberapa platform/sistem operasi komputer, yang sangat sesuai dengan slogan java yakni “Write Once, Run Anywhere”.
  • OOP (Object Oriented Programming) atau Pemograman berorientasi objek yang artinya semua aspek yang tedapat di Java adalah Objek. Hal inilah yang memudahkan para pengembang untuk mendesain, membuat, bahkan mengalokasi kesalahan yang terdapat dalam program berbasis Java.
  • Class Library. Java sangat terkenal dengan Class Library yang lengkap, sehingga sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pengembang untuk membangun aplikasinya. Selain itu adanya komunitas Pemograman Java yang tersebar di seluruh negara sehingga membuat Class Library baru untuk mencukupi kebutuhan pengembangan aplikasi.
  • C++ Style. Sudah diketahui diatas bahwa Java banyak mengadopsi sintaks dari bahasa C++ hal ini juga yang membuat menarik dari pengembang C++ untuk pindah ke Java. Bahkan Universitas-universitas dan Sekolah Kejuruan mulai mengajarkan Java kepada murid-muridnya karena dianggap mudah dipahami dan dapat berguna juga bagi  mereka yang bukan mengambil jurusan komputer.
  • Trash Collection. Yakni sebuah fasilitas dari Java yang berguna untuk mengatur penggunaan memori sehingga memudahkan pengembang untuk tidak perlu melalukan pengaturan memori secara langsung.

Kekurangan Java

  • Write Once, Run Anywhere. Masih ada beberapa hal yang kurang kompatibel antara platform satu dengan platform lain. Untuk J2SE, misalnya SWT-AWT bridge yang sampai sekarang tidak berfungsi pada Mac OS X.
  • Mudah Didekompilasi. Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena kode Java merupakan bytcode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Dengan demikian, algoritman yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak.
  • Penggunaan Memori yang Banyak.

Referensi:

Advertisements

One thought on “Mengenal Bahasa Pemograman Java

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: