Terminal sudah menjadi ciri khas bagi sistem operasi Linux, karena hampir semua aktifitas menggunakannya seperti menginstall, mengupdate aplikasi, bahkan sampai hal konfigurasi. Oleh karena itu sangatlah penting kegunaan Terminal di sistem operasi Linux.

Namun tampilan terminal linux dari dulu tidak berubah-rubah dari segi interface sampai fitur yang disediakan tetap sama. Dari sinilah Sophiware (salah satu nama pengembangan aplikasi) membangun sebuah aplikasi terminal yang lebih elegan dan efisien yang diberi nama Go Terminal. Dilihat dari namanya saja sudah tidak diragukan lagi untuk menjadi aplikasi tersebut sebagai Terminal generasi baru di Linux.

Walaupun masih dalam tahap pengembangan (versi Beta) aplikasi sudah dapat digunakan secara maksimal. Dirancang dengan penggunaan terminal yang berkemampuan dalam pemikiran dan fungsional tambahan, serta tampilan interface yang sangat modern. Dan diharapkan dengan adanya aplikasi ini pengguna Linux tidak merasa bosan saat menggunakan Terminal.

Review Go Terminal

Tampilan Go Terminal

Dari segi intergace GO Terminal menyediakan sidebar yang dapat menyimpan kode seperti video diatas

screenshot-from-2017-02-17-16-59-02

Selain sidebar ada juga menu Appearance Setting untuk mengkustom tampilan GO Terminal, didalam menu tersebut terdapat beberapa pilihan tema.

screenshot-from-2017-02-17-16-58-19

Fitur Go Terminal

  • Menyimpan Perintah
  • Menjalankan Perintah yang sudah ditambahkan
  • Interaktif Flags

Semua fitur tersebut dapat dilihati divideo di atas atau lihat saja pada menu sidebar Go Terminal.

Install Go Terminal

Jika Anda berminat untuk memasang aplikasi ini pada Ubuntu anda, tinggal jalankan saja perintah di bawah ini di terminal. Ingat perintah ini hanya bisa dijalankan pada Debian Base yah.

wget http://products.sophiware.com/download/goterminal/linux-debian -O goterminal_amd64.deb

sudo dpkg -i goterminal.deb

Untuk tambahan saja, apliksai Go Terminal tidak sepenuhnya Free jadi ada keterbatasan akses fitur dalam versi Gratis seperti yang saya tulis diatas. Dan menurut situs Go Terminal, jika Anda ingin berlangganan cukup membayar $2,90 atau setara Rp.38.688 per tahun.

Referensi:

Advertisements