Saatnya Menguji Aplikasi Phonegapmu

Tahap ke tiga setelah Menginstall Phonegap dan Peng-codingan, maka tahap selanjutnya yakni menguji coba Aplikasi hasil dari pengcodingan, dengan bantuan dari Phonegap Developer App dan Phonegap Desktop untuk melihat aplikasi pada perangkat tanpa menginstal SDK platform.

Pada umunya hal tersebut berjalan di sebuah server kecil untuk menjadi rumah dalam projek anda dan mengemberikan sebuah alamat server yang nantinya akan anda masukkan ke dalam Phonegap Developer App yang berjalan pada Browser atau Perangkat Mobile anda.

1. Melalui Web Browser (Windows, Linux, Mac OS)

Ini merupakan salah satu cara dalam mode GUI,dan sangat memanfaatkan Browser yang ada untuk melihat dan menguji aplikasi yang sudah anda buat sudah sesuai rencana atau belum. Cara tersebut sangat efektif sebelum anda melihat dan menguji di perangkat android anda.

Phonegap baru-baru ini mulai mendukung platform browser sebagai target otomatis untuk membantu dan menguji dengan aplikasi (browser) yang sudah siap digunakan dan bisa lebih memahami plugin inti dari Apache Cordova karena anda sudah familiar dengan si browser (aplikasi peramban) di laptop/pc anda.

Lalu bagaimana caranya?

Pertama buka Terminal atau Console, dan masuk ke direktori tempat aplikasi phonegap. Contoh:

$ cd myapp/

Kedua Gunakan perintah berikut untuk membuat sebuah server:

/myapp$ phonegap serve

phonegap-server-tgr

Ketiga yaitu buka aplikasi Browser yang anda punya, dan ketikkan alamat IP yang muncul di terminal atau console di Address Bar Browser, seperti gambar diatas yaitu muncul sebuah alamat ip 192.168.137.241:3000

2. Melalui Phonegap Developer App (untuk Perangkat Mobile)

Download dan install aplikasi Phonegap Developer di perangkat mobile atau android anda melauli:

Setelah terinstall di perangkat mobile anda, buka aplikasi Phonegap Developer dan masukkan alamat ip yang muncul pada saat anda menjalankan perintah “phonegap serve, lalu tekan tombol “Connect”.

proses-phonegap

Gambar diatas merupakan tampilan dari aplikasi Phonegap Developer, so simple dan sangat bermanfaat jangan lupa untuk membaca artikel selanjutnya karena tutorial dasar belajar Phonegap ini belum berakhir dan jangan lupa untuk menekan selalu tombol share dibawah ini 😉

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: