Kenalan yukk sama Framework Phonegap!

Phonegap adalah sebuah framework pengembangan aplikasi Mobile yang pertama kali dibuat oleh Nitobi. Pada tahun 2011 Nitobi dibeli oleh perusahaan ternama yakni Adobe Systems dan diberi nama Phonegap, setelah merilis versi open source maka digantilah namanya menjadi Apache Cordova.

Apache Cordova ini memungkinkan para developer atau programmer perangkat lunak untuk membuat sebuah aplikasi mobile menggunakan bahasa pemograman Web yakni: HTML5, CSS3, dan JavaScript, bukan dari platform-spesifik API seperti di Android, iOS, atau Windows Phone. Hal inilah yang membungkus bahasa pemograman HTML, CSS, dan JavaScript pada platform perangkat, dan memperluas fitur HTML dan JavaScript dalam bekerja dengan perangkat.

Aplikasi yang dihasilkan dari Phonegap adalah Hybird, yang artinya sebuh aplikasi web yang ditransformasikan menjadi kode native pada platform seperti Android atau iOS, dan biasanya menggunakan browser untuk mengijinkan aplikasi web mengakses berbagai fitur device.

phonegap-tgr

Nah salah satu keunggulan dari Phonegap adalah kita tidak perlu menguasai beberapa bahasa pemograman seperti:

  • OBJ C untuk iOS
  • Java untuk Android
  • Java ME untuk BlackBerry
  • Mojo untuk Palm
  • .Net untuk Windwos Phone
  • C++ untuk Bada

hanya dengan menguasai HTML, CSS, dan JavaScript kita bisa membuat sebuah aplikas mobile yang keren, bahkan bisa di upload di Apple Store, Play Store, dan BlackBerry World. Bahkan banyak program yang sudah menggunakan Phonegap dalam hal pengembangannya, seperti:

  • SAP
  • Zynga
  • Wikipedia
  • Salesforce.com
  • UNTAPPD
  • dan Facebook

Bagaimana? sobat tertarik untuk belajar dan menggunakan Phonegap dalam pengembangan aplikasi mobile. Jangan lupa untuk membagikan ke teman-teman agar mengetahui si Phonegap ini πŸ™‚

Referensi:

Advertisements

9 thoughts on “Kenalan yukk sama Framework Phonegap!

Add yours

  1. Terima kasih atas tulisannya. Informatif, juga penyampaiannya enak.

    Mas, mau tanya, apakah aplikasi yang dibuat menggunakan phonegap berat?

    Misalnya aplikasi, hanya menampilkan data yang diambil dari server lalu ditampilkan di android. Isinya beberapa field data + satu form untuk mengisi data.

    Like

      1. Jika data juga harus menampilkan image, bagaimana gan?

        sistemnya seperti list data, isinya data seperti yang saya sebut diatas, datanya juga menampilkan beberapa gambar. Lalu form yang saya sebutkan diatas juga bisa mengupload image, yang diambil via kamera

        Like

      2. Bisa menggunakan bahasa pemograman HTML5,CSS,Javascript gan. atau bisa menginstall phonegap di android studio πŸ™‚ Insyallah saya akan rampungkan tutorial android studio yang sekarang saya sedang tulis di blog

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: